Sunday, January 5, 2020

RESUME KELOMPOK 27 (PERENCANAAN KOTA MELALUI SENTIMEN ANALISIS TWITTER DATA)

PENDAHULUAN
   Menganalisis acara olahraga Olimpiade London mengingat acara hari vs hari perbandingan (sebelum atau sesudah acara) dan kelompok pengguna yang berbeda (penduduk vs pengunjung), serta mengintegrasikan analisis sentimen dan ekstraksi topik.

STUDI KASUS
     Bagaimana kita dapat mengindentifikasi karakteristik dari tweeting perilaku dalam hal pola spatiotemporal dan sentimen antara penduduk dan pengunjung.

     Apakah ada perubahan terdeteksi dalam tata ruang dan temporal, dan sentimen dari tweets selama Olimpiade london dibandingkan dengan hari-hari sebelum dan setelah.
   Topik yang terkait dengan perencanaan kota dalam konteks acara olahraga besar dapat diidentifikasi melalui analisis semantuk posting media sosial.

LOKASI PENELITIAN
     Daerah penelitian untuk analisis ini adalah Greater London, yang memiliki ekspansi 3458 km 2. Data Twitter diperoleh dengan menggunakan Aplikasi Twitter Streaming Pemrograman Interface (Twitter INC, 2017) untuk tahun 2012, dan terdiri dari konten Tweet dan atribut seperti nama pengguna,lokasi pengguna, dan waktu pesan.

KESIMPULAN

     Melalui analisis spatiotemporal dan sentimen dari tweets, kita bisa mengidentifikasi pola-pola yang signifikan dalam hal dua kelompok pengguna kami didefinisikan serta untuk hari-hari sebelum, selama dan setelah acara. Mengenai pemanfaatan untuk tujuan perencanaan, kita dapat menyatakan bahwa dapat memberikan informasi berharga tentang perilaku spatiotemporal dan sentimen warga atau pengunjung tentang peristiwa yang direncanakan besar. Studi kasus ini juga menggambarkan potensi pemanfaatan data media sosial untuk analisis sentimen dan pemodelan topik untuk memberikan umpan balik umum mengenai peristiwa  yang direncanakan secara besar.

No comments:

Post a Comment